Cara Mengatasi Kecanduan Kafein Secara Efektif

Cara Mengatasi Kecanduan Kafein

Kopi dan Teh mengandung kafein cukup tinggi

Cara Mengatasi Kecanduan Kafein – Minum kopi sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang tak terkecuali di Indonesia. Terkadang orang lebih mementingkan minum kopi dibanding dengan makan. Kafein yang terkandung dalam kopi bekerja sebagai stimulan yang memberikan efek kecanduan. Jadi ketika anda minum kopi secara berlebihan, anda pasti akan kecanduan.

Ketika anda ingin minum secangkir kopi segera setelah bangun tidur atau ketika beristirahat saat bekerja, maka itu jelas menandakan anda kecanduan kafein. Kecanduan ini memang tidak baik untuk kesehatan anda.

Kafein akan memberikan manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, akan menimbulkan masalah kesehatan Seperti meningkatkan resiko hipertensi, membuat organ hati sibuk untuk menyaring racun, menyebabkan kerusakan gigi, gelisah, sakit kepala, terganggunya pola tidur,tulang rapuh dan dehidrasi.

 

Jika anda ingin menghilangkan kafein dari kebiasaan anda atau mengurangi secara signifikan, anda harus sadarterhadap produk yang mengandung kafein serta efek samping dari kafein itu sendiri. Kafein tidak hanya ada pada kopi dan soda, tetapi anda bisa menemukan kandungan kafein pada teh, cokelat, permen karet, roti dan lain sebagainya.

Jika anda sudah siap untuk mengurangi atau berhenti mengkonsumsi kafein, anda harus siap dengan efek yang akan diterima tubuh. Tubuh akan terkejut karena adanya perubahan asupan kafein. Gejala tersebut bisa seperti kelelahan, sakit kepala, mengantuk, gampang marah, nyeri otot, insomnia, sembelit, gangguan konsentrasi, rasa cemas ataupun gelisah.

Tetapi itu adalah normal dan tidak akan berdampak buruk jika anda menggunakan beberapa tips dibawah ini.

 

Berikut cara mengatasi kecanduan kafein

 

  1. Cara Mengatasi Kecanduan Kafein Dengan Latihan Pernafasan

Anda bisa mencoba lakihan pernafasan untuk mengatasi gejala kecanduan kafein seperti rasa yang kuat ingin mengkonsumsi kafein, cemas dan gelisah.

Pada saat yang sama, Latihan pernafasan memainkan peranan penting dalam menghilangkan racun dari tubuh. Hal ini akan membantu memberihkan racun dari sistem tubuh kita.

Untuk melakukan latihan pernafasan, ikuti langkah dibawah:

  • Berbaring Terlentang
  • Letakkan tangan di perut dan kendurkan otot anda agar lebih rileks.
  • Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, kembungkan perut anda dan kemudian isi paru-paru dengan udara. Hitung secara perlahan hingga 5 saat anda menarik napas.
  • Tahan nafas dan hitung sampai 3
  • Buang napas dari mulut secara perlahan.
  • ulangi cara diatas selama 10 menit
  • Lakukan latihan pernafasan ketika anda ingin mengkonsumsi kopi atau soda
  • Anda bisa melakukan cara ini sambil duduk. sehingga anda bisa melakukan cara ini dimana saja dan kapan saja.

 

  1. Cara Mengatasi Kecanduan Kafein Dengan Mulai Berolahraga

Olahraga merilis endorfin dari tubuh yang membantu mengekang sakit kepala atau gejala lain ketika anda berhenti mengkonsumsi kafein.

Kelelahan adalah efek samping lain dari kafein yang dapat dengan mudah mengganggu aktifitas harian anda. Ini sangat membantu ketika tubuh merasa lelah saat bangun tidur dan ingin sekali untuk mengkonsumsi kopi. Lakukan berjalan kaki selama 30 menit di area terbuka akan membantu mengusir lelah dan rasa kantuk.

Serta coba untuk berjalan kaki selama 10 menit disore hari ketika anda mulai merasa ngantuk. Jika anda masih bekerja, bisa berjalan disekitar tempat kerja dan lakukan beberapa peregangan. Jika anda malas untuk melakukan olahraga, ingat pada manfaat olahraga untuk mentah dan emosi anda.

 

  1. Cara Mengatasi Kecanduan Kafein Dengan Minum banyak air

Salah satu langkah yang paling umum dalam setiap pengobatan kecanduan adalah memperbaiki asupan air minum yang masuk kedalam tubuh. Termasuk juga mengurangi efek kecanduan kafein.

Dengan meminum banyak air, maka akan membantu mengeluarkan kafein dari dalam tubuh melalui urin. Sehingga mempercepat proses detoksifikasi racun dari dalam tubuh. Asupan air putih akan membantu organ-organ internal anda untuk melakukan detoksifikasi dan lmenjaga tubuh anda terus terhidrasi. Sementara disisi lain dehidrasi yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Jumlah air yang harus kita konsumsi tergantung pada kodisi kesehatan , iklim sekitar, dan aktiifitas fisik. Rata-rata orang harus minum 8-10 gelas air setiap hari.

Ketika anda ingin sekali untuk minum kopi atau soda, maka itu waktu yang tepat untuk minum air putih atau gunakan air putih sebagai gantinya.

 

  1. Cara Mengatasi Kecanduan Kafein Dengan beralih ke Teh Hijau

Ketika anda berkeinginan kuat untuk mimum minuman hangat, cobalah untuk memilih teh hijau dibandingkan dengan memilih kopi atau yang mengandung kafein lainnya. Sebetulnya teh hijau juga mengandung kafein, tapi dalam jumlah yang jauh lebih sedikit dibandingkan teh hitam atau kopi. Teh hijau juga megandung antioksidan kuat yang membantu proses detoksifikasi untuk membuang racun berbahaya dari dalam tubuh.

Minum teh hijau juga mengurangi asupan kafein secara keseluruhan. Mulailah untuk minum 4-5 cangkir teh hijau untuk menggantikan kopi. Setelah anda merasa nyaman minum teh, kurangi jumlah asupan teh.

 

  1. Cara Mengatasi Kecanduan Kafein Dengan Tidur Nyenyak

Tidur yang nyenyak juga sangat baik untuk untuk mengatasi kecanduan kafein. Kebiasaan tidur yang buruk dapat memiliki efek negatif bagi kesehatan. Bahkan secangkir kopi sebelum tidur membuat anda lebih terjaga dengan memblokir bahan kimia yang menginduksi tidur diotak dan meningkatkan produksi adrenalin.

Ketika anda mendapatkan pola tidur yang tepat, anda tidak perlu lagi kopi dipagi hari setelah bangun tidur ataupun di siang hari. Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, pijatan dan mandi air hangat cukup membantu.

 

  1. Cara Mengatasi Kecanduan Kafein Dengan Konsumsi Suplemen magnesium

Minum kopi secara berlebihan biasanya berhubungan dengan kekurangan magnesium sehingga dengan mengkonsumsi suplemen magnesium membentu memenuhi kekurangan magnesium.

Dengan mengkonsumsi suplemen magnesium juga mengatasi gejala dari penarikan kafein seperti sakit kepala, otot lemah, kehilangan nafsu makan dan gangguan tidur.

Selain itu magnesium juga berperan sebagai penambah energy tubuh yang alami sehingga membantu mengatasi lelah dan letih. Sebelum mengkonsumsi magnesium, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter. Pengawasan dokter sangat penting untuk orang yang menderita penyakit ginjal dan jantung ataupun orang-orang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan.

Sebagai alternatif suplemen magnesium, anda juga bisa memenuhi kebutuhan magnesium secara alami dengan mengkonsumsi alpukat, pisang, kacang-kacangan, biji labu, susu kedelai, kacang almond, kenari, kentang, sayuran hijau dan biji-bijian.

 

  1. Cara Mengatasi Kecanduan Kafein Dengan Makanan ringan yang kaya protein

Ketika anda merasa lelah dan energy anda tersisa sedikit dan merasa harus minum kopi atau sekaleng soda. Sarapan ataupun makanan ringan makanan yang kaya protein, sangat baik untuk mengatasi kelelahan ini.

Makan makanan yang tinggi protein dapat membantu merasa lebih kenyang dan memberikan eneri yang berkelanjutan yang dapat membuat anda lebih produktif sepanjang hari. Cobalah makan beberapa butir telur atau kacang almond untuk sarapan. Bisa juga membuat makanan ringan untuk dibawa ke tempat kerja sehingga mencegah anda meminum kopi.

 

  1. Cara Mengatasi Kecanduan Kafein Dengan Memilih Teh herbal dan jus sehat

Cara alternatif lain untuk mengatasi kecanduan kopi adalah dengan teh herbal. Anda bisa membuat teh herbal dengan berbagai herbal seperti licorice, lavender atau daun rosemarin yang bisa anda dapatkan di toko herbal ataupun lainnya.

Jika anda tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi teh herbal, anda bisa menggantunya dengan segelas jus buah yang sehat sebagai pengganti kopi. Untuk membuat jus sehat, anda bisa memblender 2 cangkir setiap bayam dan kangkung, 4 batang seledri, 1 apel hijau, ½ mentimun, dan ½ lemon. Bisa juga anda menambahkan yogurt murni atau air kelapa.

Beberapa minuman lainnya untuk pengganti kopi, bisa mengkonsumsi teh kambucha, air kelapa, atau susu hangat.

 

  1. Cara Mengatasi Kecanduan Kafein Dengan ginseng

Ginserng juga dapat meringankan kecanduan kopi. Hal ini dianggap sebbagai tonik untuk kelenjar adrenal dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengembalikankeseimbangan yang tepat untuk tubuh terutama kerika anda cemas atau stres. Ginseng juga memperkuat ginjal yang sering melemah akibat asupan kafein.

Dengan menambahkan 1 sdt bubuk ginseng kedalam sereal sarapan atau kedalam segelas susu, atau juga bisa mengunyah potongan kecil ginseng kering membantu mengurangi kecanduan kafein anda.

Catatan: Ginseng tidak dianjurkan bagi orang yang menderita diabetes, autoimun atau masalah jantung, kondisi hormon sensitive atau skizofrenia.

 

  1. Cara Mengatasi Kecanduan Kafein Dengan peppermint

Saat anda merasakan sakit kepala yang merupakan gejala penarikan kafein, cobalah menggunakan peppermint. Daun ataupun minyak peppermint bermanfaat untuk mengurangi sakit kepala serta meningkatkan energi.

Jika gejala sakit kepala akibat kecanduan kafein itu datang, cobalah untuk meneteskan beberapa tetes minyak peppermint ke sapu tangan dan hiruplah sapu tangan tersebut. atau juga bisa oleskan sedikit minyak peppermint pada bagian telinga dan pergelangan tangan. Aroma peppermint membantu mengurangi sakit kepala. Bisa juga anda mengkonsumsi permen rasa peppermint , mengunyah permen karet peppermint, atau secangkir teh peppermint yang mengatasi gejala kecanduan kafein.

 

Tips Tambahan

  • Jauhi makanan dan minuman yang mengandung kafein dengan tidak membelinya ketika berbelanja.
  • Hal terbaik untuk menghentikan kecanduan kafein adalah dengan cara perlahan. Jangan langsung menghentikan sepenuhnya sekaligus karena akan membuat anda menjadi gelisah.
  • Carilah seseorang bisa istri, pacar, saudara atau teman dekat untuk selalu memotivasi dan mengingatkan anda agar tetap menjaga komitmen mengatasi kecanduan kafein
  • Ketika anda berusaha untuk menghentikan kecanduan kafein, penting bagi anda agar tidak mengkonsumsi alkohol

 

 

Demikian Cara mengatasi kecanduan kafein yang bisa anda coba dirumah. Semoga artikel diatas membantu anda lepas dari ketergantungan kafein dan hidup lebih sehat.

Cara Mengatasi Kecanduan Kafein Secara Efektif | 543pul | 4.5