Cara Mengatasi Sakit Pinggang Secara Alami

Advertisement

 

Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Sakit pinggang

Cara Mengatasi Sakit Pinggang  – Sakit pinggang merupakan keluhan yang sangat sering dialami oleh kita terlebih lagi bagi mereka yang berusia lanjut. Penderita sakit pinggang akan merasakan ketidaknyamanan ketika melakukan aktifitas sehari-hari. Hal ini sangat berhubungan dengan susunan tulang belakang. Tulang belakang terdiri dari banyak ruas yang membentuk kesatuan dan berfungsi bagi kita untuk melakukan berbagai gerakan seperti memutar, membungkuk dan lain sebagainya.

 

Seperti kita ketahui jika didalam tulang punggung terdapat banyak saraf yang mengantarkan segala rangsangan ke otak. Ketika terjadi peradangan, robekan, tarikan ataupun tekanan akan mengantarkan rasa nyeri ke otak yang sering kita sebut nyeri pinggang. Rasa nyeri dan kaku yang berlangsung lama akan membuat perubahan susunan tulang belakang yang menyebabkan punggung menjadi bungkuk.

 

Penyebab sakit pinggang

Sakit pinggang bisa disebabkan oleh banyak hal beberapa diantaranya:;

  1. Gangguan struktur tulang belakang
  2. Kurang berolahraga
  3. Angkat beban Berlebih
  4. High heels (sepatu/sandal dengan hak tinggi)
  5. Alas tidur yang lentur, alas tidur yang lentur membuat tulang belakang tidak pada posisi seharusnya sehingga menimbulkan sakit pinggang
  6. Gangguan ginjal
  7. Faktor Usia
  8. Pengapuran (osteoporosis)

 

Berikut cara mengatasi sakit pinggang dengan cara alami

  1. Cara Mengatasi sakit pinggang dengan Bawang merah

Bawang merah memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan sakit pada pinggang anda. Hanya dengan mencampurkan parutan bawang merah dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian oleskan pada bagian pinggang yang sakit.

 

Ada pula cara lainnya dengan merebus akar bawang merah dengan air secukupnya dan rebus hingga air tinggal setengahnya. Minum air rebusannya selagi hangat.

 

 

  1. Cara Mengatasi sakit pinggang dengan Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang membantu meredakan berbagai nyeri termasuk sakit pinggang. Kandungan selenium pada bawang putih membantu mengelola nyeri serta senyawa sulfur yang tinggi menghambat respon inflamasi dalam tubuh. Caranya dengan mengoleskan minyak bawang putih ke pinggang yang sakit/nyeri. Atau dengan merebus beberapa siung bawang putih cincang kedalam air. Gunakan air rebusan untuk meminjat pinggang.

 

  1. Cara Mengatasi sakit pinggang dengan Kunyit

Kunyit merupakan bumbu yang sering dijumpai didapur mengandung senyawa kurkumin yang bersifat anti inflamasi yang mengatasi berbagai peradangan atau nyeri. Hanya dengan menrebus bubuk kunyit dengan air secukupnya, kemudian minum air rebusannya.

 

  1. Cara Mengatasi sakit pinggang dengan Daun Dewa

Daun dewa juga sangat efektif untuk meredakan sakit pinggang. Walaupun daun dewa sekarang ini sulit didapat, tapi khasiatnya tak diragukan lagi. Caranya dengan menyeduh daun dewa kering seperti layaknya kita minum teh. Untuk memaksimalkan khasiatnya anda bisa menambahkan temulawak atau jahe.

 

  1. Cara Mengatasi sakit pinggang dengan Kumis kucing

Tanaman kumis kucing sudah lama digunakan untuk mengobati sakit pinggang secara turun temurun. Caranya dengan merebus segenggam daun kumis kucing yang telah dicuci bersih dengan air secukupnya. Rebus hingga airnya tersisa setengahnya. Kemudian diamkan sebentar hingga dan Minum air selagi hangat.

 

  1. Cara mengobati sakit pinggang dengan Akar ilalang

Mungkin banyak orang yang mengabaikan akar ilalang karena ilalang merupakan tanaman liar yang mengurangi estetika keindahan. Tapi dibalik itu, ternyata akar ilalang bermanfaat untuk mengatasi sakit pinggang. Caranya dengan mengambil segenggam akar ilalang dan rebus seperti biasa. Minum air rebusannya secara rutin.

 

  1. Cara Mengatasi sakit pinggang dengan Buah Takokak

Takokak merupakan buah yang berasal dari keluarga terung-terungan/terong yang ukurannya lebih kecil dari kebanyakan terong lainnya. Ini juga sama seperti kumis kucing dipercaya secara turun temurun mengatasi sakit pinggang. Caranya dengan memasukan 30 gram takokak, 20 gram temulawak, dan 15 gram jahe dan rebus dengan air 800ml. Rebus hingga tersisa setengahnya. Minum air rebusan ini beberapa kali sehari hingga sakit pinggang hilang.

 

  1. Cara Mengatasi sakit pinggang dengan Jahe Merah

Jahe merah merupakan rempah yang paling ampuh untuk mengatasi sakit pinggang. Senyawa gingerol yang terkandung dalam jahe memiliki sifat anti inflamasi yang kuat sehingga bisa mengatasi sakit pinggang dan sakit akibat peradangan lainnnya. Anda bisa mengkonsumsi air rebusan jahe secara rutin untuk menghangatkan badan, meningkatkan sistem imunitas dan mengatasi sakit pinggang. Atau bisa juga membuat fermentasi dengan mencampurkan jahe merah, alcohol 70% dan cabai kedalam wadah yang tertutup rapat selama 2 minggu. Gunakan campuran tersebut menjadi sebuah minyak urut untuk mengatasi sakit pinggang.

 

  1. Cara Mengatasi sakit pinggang dengan Temulawak

Temulawak merupakan herbal yang bisa juga digunakan untuk mengatasi sakit pinggang. Caranya cukup mudah dengan mencampurkan parutan 1 rimpang temulawak, 1 rimpang kunyit dan segenggam daun kumis kucing dan rebus dengan air 1 Liter hingga mendidih. Saring dan minum 1 gelas air rebusan tersebut secara rutin hingga sakit pinggang yang anda derita hilang.

 

Demikian cara mengatasi sakit pinggang dengan bahan-bahan alami. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda yang mengalami sakit pinggang. Semua bahan diatas alami dan tidak akan memberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti obat-obatan apotek ataupun dokter.

Advertisement
Cara Mengatasi Sakit Pinggang Secara Alami | 543pul | 4.5