Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

Advertisement
Cara Menghilangkan Bau Kaki

Bau Kaki

Cara Menghilangkan Bau Kaki – Bau kaki merupakan salah satu hal yang paling memalukan. Terkadang orang yang mencium baunya bisa menutup hidung, bahkan ada sebagian orang yang sampai muntah. Bau kaki biasanya terjadi karena keringat berlebih pada bagian kaki yang tertutup sehingga membuatnya lembab. Hal ini menjadi tempat yang sangat disukai oleh bakteri untuk berkembang biak dan sel kulit mati dan kotoran lainnya menjadi makanan bakteri tersebut.  Bau kaki lebih sering terjadi pada orang yang sering menggunakan sepatu seperti  anak sekolahan, ataupun karyawan.

 

Penyebab bau kaki

Sebelum membahas cara menghilangkan bau kaki, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan bau kaki supaya kita bisa mencegah hal itu terjadi. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab bau kaki:

  1. Keringat Berlebih
  2. Kurang menjaga kebersihan baik kebersihan kaki, sepatu ataupun kaos kaki
  3. Faktor keturunan
  4. Ganggguan hormone
  5. Kondisi kesehatan tertentu

 

Berikut cara menghilangkan bau kaki secara alami

  1. Cara menghilangkan bau kaki dengan Cuka

Cuka sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau kaki karena ketika area kaki asam dari cuka akan memmbuat bakteri tidak dapat bertahan hidup. Anda bisa menggunakan jenis Cuka sari apel untuk menghilangkan bau kaki.

Caranya:

  • Siapkan campuran ½ cangkir cuka dan 6-8 gelas air panas (jangan terlalu panas)
  • Rendamlah kaki anda selama 15 menit didalam campuran tersebut
  • Dan Cuci kaki anda dengan sabun untuk menghilangkan bau cuka

 

  1. Cara menghilangkan bau kaki dengan Tawas

Bubuk tawas memiliki sifat antiseptic dan astringent yang menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab bau kaki.

Caranya:

  • Campurkan 1 sdt bubuk tawas kedalam secangkir air hangat
  • Cuci kaki anda dengan campuran ini
  • Diamkan 15-20 menit hingga kaki kering menyeluruh. Kemudian taburkan sedikit bubuk tawas pada kaki
  • Lakukan cara ini sekali sehari

 

  1. Cara menghilangkan bau kaki dengan baking soda

Sodium bikarbonat atau baking soda atau yang lebih kita kenal sebagai soda kue ini selain untuk membuat kue, juga sangat efektif untuk menghilangkan bau kaki. Baking soda bekerja dengan menetralkan pH keringan dan mengurangi bakteri.

Caranya:

  • Tambahkan 1 sdm baking soda kedalam 1 liter air dan rendam kaki anda pada campuran tersebut selama 20 menit setiap malam selama 1 minggu.
  • Atau anda bisa menaburkan baking soda kedalam sepatu dan kaus kaki sebelum memakainya

 

  1. Cara menghilangkan bau kaki dengan minyak lavender

Karena aroma yang wangi dan menenangkan, Lavender sering digunakan sebagai bahan utama untuk arommaterapi. Namun selain aromaterapi, minyak lavender juga sangat baik untuk menghilangkan bau kaki yang menyengat. Minyak lavender bekerja dengan membunuh bakteri serta memiliki sifat antijamur yang sangat efektif memmbasmi jamur.  Oleh karena itu jamur dan bakteri yang menyebabkan bau kaki akan lenyap seketika.

Caranya:

  • Masukan beberapa tetes minyak lavender kedalam air hangat
  • Rendam kaki anda pada air tersebut selama 15 – 20 menit
  • Anda bisa melakukan cara ini dua kali sehari selama beberapa hari hingga bau kaki hilang

 

  1. Cara menghilangkan bau kaki dengan Garam inggris

Dari namanya mungkin saja garam ini berasal dari Inggris. Kalau dari Indonesia berarti namanya Garam inidonesia. Mungkin kita abaikan saja namanya dan kembali ke pokok bahasan. Garam inggris atau Epsom salt atau Magnesium sulfat lebih terkenal karena dipercaya bisa menghancurkan dan mengeluarkan batu empedu. Selain untuk itu, garam inggris ini juga bisa digunakan untuk meminimalisir bau kaki  karena melawan infeksi mikroba dan menetralkan bau pada kaki.

Caranya:

  • Campurkan 2 sdt garam inggris dalam setengah ember air hangat
  • Rendam kaki pada air campuran tersebut selama 10-25 menit. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan cara ini sebelum anda tidur sehingga tidak perlu megenakan kaos kaki atau sepatu selama beberapa jam.

 

  1. Cara menghilangkan bau kaki dengan teh hitam

Teh hitam adalah teh yang paling sering kita konsumsi sehari-hari yang tak disangka bisa menghilangkan bau kaki. Teh hitam mengandung asam tanat yang membunuh bakteri yang menyebabkan bau kaki. Cara ini juga membantu menutup pori-pori yang mengeluarkan keringat berlebih pada kaki yang menjadi makanan bagi bakteri.

Caranya:

  • Rebus dua kantong teh hitam kedalam 3 gelas air panas. Anda bisa menambahkan air biasa untuk menurunkan suhu air tersebut. Atau bisa langsung menggunakannya tanpa tambahan air (air teh diamkan dulu agar suhunya menjadi hangat
  • Rendam kaki anda kedalam air tersebut selama 15-20 menit
  • Lakukan setiap hari selama seminggu

 

  1. Cara menghilangkan bau kaki dengan scrub gula

Scrub gula bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati di kaki. Sel-sel kulit mari merupakan makanan bagi bakteri yang menyebabkan bau pada kaki. Gunakan scrub ini untuk membersihkan kaki. Selain itu, scrub gula juga bisia mencegah terbentuknya kapalan yang sering muncul di sekitar kaki.

Caranya:

  • Campurkan gula, sedikir air bersih dan isopropil alcohol (91% atau diatasnya). Gunakan lebih banyak gula dibandingkan dengan air untuk mendapatkan campuran scrub yang tebal. Adapun isopropil alcohol gunakan 1/5 dari air
  • Gosok kaki dengan menggunakan scrub yang kita buat tadi selama 5-10 menit untuk mengangkat sel-sell kulit mati dan bakteri Kemudian cuci kaki hingga bersih.
  • Lakukan cara ini 3 kali seminggu

Catatan: Untuk hasil yang llebih baik, rendam kaki terlebih dahulu dalam air hangat sebelum menggunakan scrub gula.

 

  1. Cara menghilangkan bau kaki dengan daun sage

Daun sage mengandung asam tannic yang membantu mengurangi keringat yang menyebabkan bau kaki. Serta daun sage memiliki sifat antijamur dan antibakteri.

Caranya:

  • Masukan daun sage kering kedalam kaos kaki dan sepatu. Daun sage akan menyerap baud an meninggalkan aroma yang baik.
  • Atau bisa juga menggunakan daun sage untuk merendam kaki selama 15 menit dalam teh daun sage atau meminum secangkir teh daun sage sebelum tidur.

 

  1. Cara menghilangkan bau kaki dengan Jahe

Satu lagi manfaat dari jahe yaitu efektif untuk menghilangkan bau kaki.Hal ini karena jahe menghambat pertumbuhan bakteri dan juga menghilangkan racun.

Caranya:

  • Haluskan jahe berukuran sedang kemudian campurkan kedalam secangkir air hangat selama 10-15 menit
  • Gunakan campuran tersebut untuk memijat kaki sebelum anda tidur
  • Lakukan cara ini setiap malam selama 2 minggu untuk mendapatkan hasil yang positif

Anda dapat dengan mudah mengontrol bau kaki yang menyengat dengan menggunakan jahe diatas.

Demikian cara menghilangkan bau kaki yang menyengat dan memalukan penderitanya. Cobalah satu atau beberapa cara diatas sampai anda mendapatkan cara yang paling tepat bagi anda. Jika semua cara diatas tidak bekerja, anda bisa hubungi dokter untuk berkonsultasi karena mungkin bau kaki tersebut bisa berasal dari penyakit atau kondisi tertentu didalam tubuh anda. Semoga artikel diatas bermanfaat.

Advertisement
Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami | 543pul | 4.5