Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Advertisement
Cara Menurunkan Kolesterol

kolesterol dalam tubuh

 

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi – Ketika kita mendengar kolesterol, maka dibenak kebanyakan orang adalah sesuatu yang berbahaya bagi tubuh. Namun itu tidak sepenuhnya benar. Dalam tubuh kita terdapat 2 jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) dan kolesterol baik atau HDL (High Density Lipopreotein). Sebenarnya kolesterol dibutuhkan tubuh untuk membangun dinding sel , membuat hormon, membentuk asam empedu, dan Vitamin D.

 

Kedua jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat LDL ataupun kolesterol baik HDL memiliki fungsi masing-masing dimana LDL mengangkut kolesterol ke seluruh tubuh untuk membentuk sel-sel tubuh. Sedangkan HDL mengangkut balik kolesterol kembali ke hati/Liver. Kadar HDL sebaiknya lebih tinggi dari LDL karena jika jika LDL lebih rendah dari HDL, maka akan terjadi penumpukan kolesterol yang berbentuk lemak sehingga akan mempersempit pembuluh darah yang merupakan jalur distribusinya. Penumpukan ini akan membentuk plak yang menyumbat pembuluh darah sehingga darah tidak mengalir dan bisa menyebabkan Stroke, hipertensi dan serangan jantung.

 

80 % Kolesterol dalam tubuh diproduksi oleh tubuh yaitu di organ hati dan sisanya berasal dari asupan makanan yang kita makan. Untuk membuat anda lebih waspada terhadap kolesterol tinggi, ada baiknya anda mengetahui ciri atau gejalanya.

 

Berikut tanda-tanda kolesterol tinggi :

 

  1. Tubuh sangat lelah
  2. sulit bernafas
  3. sakit kaki dan tangan
  4. nyeri dada
  5. Nyeri leher dan punggung (yang paling sering dialami)
  6. Kehilangan keseimbangan
  7. sakit kepala
  8. mual dan muntah
  9. Emosi tidak stabil
  10. Sering kesemutan
  11. Kram
  12. Tubuh menjadi lebih gemuk
  13. Tubuh mudah lelah walaupun baru berolahraga sebentar
  14. Sering mengantuk dipagi hari
  15. Mata sering kunang-kunang

 

Nah, jika anda mengalami hal diatas anda patut waspada kolesterol tinggi dalam tubuh. Jika anda mengalami gejala diatas, Langkah terbaik adalah segera menurunkan kolesterol dalam tubuh sebelum hal buruk terjadi. lalu bagaimana cara menurunkan kolesterol ?

 

Berikut Cara menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh:

 

1. Konsumsi makanan penurun kolesterol

 

Ada banyak makanan yang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh beberapa makanan yang bisa menrunkan kolesterol adalah:

 

Buah Delima

 

Buah delima mengandungn polifenol yang berperan sebagai antioksidan yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hasil penelitian melaporkan bahwa jus delima memperlambat proses penumpukan kolesterol pada arteri dan menurunkan resiko penyakit jantung.

 

Jeruk

 

Umumnya jenis buah-buahan keluarga jeruk mengandung pektin yang menekan LDL atau kolesterol jahat dengan cara menyerapnya dan mengeluarkannya dari tubuh. Menambahkan jeruk pada diet anda atau meminum jus jeruk secara rutin. Menurut penelitian meminum 750 ml Jus jeruk sebagai cara menurunkan kolesterol, bisa menurunkan kolesterol jahat hingga 21 % .

 

Teh hijau

 

Teh hijau mengandung tannin yang bisa menurunkan kolesterol jahat secara alami. Selain tannin, teh hijau juga mengandung katekin yang mengurangi penyerapan kolesterol di dalam usus sehingga mengurangi kolesterol yang masuk kedalam tubuh dan mencegah kolesterol tinggi.

 

Kedelai

 

Kandungan isoflavon sebagai antioksidan mampu menaikan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda hanya perlu mengkonsumsi olahan dari kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai.

 

Tomat

 

Likopen yang terkandung dalam tomat bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah serangan jantung dan stroke. untuk mendapatkan manfaat likopen dari tomat, anda cukup mengkonsumsi tomat 50 gram per hari. selain pada tomat, likopen juga ditemukan pada semangka, pepaya dan jambu.

 

Alpukat

 

Kolesterol jahat juga bisa diturunkan dengan mengkonsumsi alpukat. Kandungan lemak tak jenuh dan fitosterol bisa menurunkan kolesterol jahat. selain Lemak tak jenuh dan fitosterol, alpukat juga mengandung potassium, vitamin B6, C, K, serat dan folat. Meminum jus alpukat adalah cara menurunkan kolesterol yang paling favorit untuk mendapatkan manfaat alpukat.

 

Kacang Almond

 

Selain pada alpukat, Kacang almond juga kaya akan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh pada almond meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan Kolesterol Jahat (LDL). Penurunan kolesterol jahat (LDL) pada tubuh terjadi karena kandungan lemak tak jenuh kacang almond membantu mengurai kolesterol jahat.

 

Minyak Zaitun

 

Minyak zaitun juga mengandung lemak tak jenuh dan kaya dengan antioksidan. Minyak zaitun menurunkan kolesterol jahat dan menaikan kolesterol baik. Untuk menurunkan kolesterol jahat, anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun 2 sendok makan sehari adalah cara menurunkan kolestrol yang efektif.
Selain beberapa makanan diatas, sebenarnya masih banyak makanan yang menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Secara umum makanan itu berasal dari sayuran, buah-buahan, dan kacan-kacangan.

 

2. Jauhi Makanan Dengan Kolesterol tinggi

 

Cara menurunkan kolesterol tinggi yang berikutnya adalah menjauhi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, Ada beberapa makanan yang mungkin sering kita konsumsi mengandung kolesterol tinggi yang harus dihindari bahkan diilarang bagi orang dengan kolesterol tinggi. Beberapa makanan yang harus dihindari oleh orang dengan kolesterol tinggi yaitu:

 

  • Mentega , makanan gorengan
  • Daging Olahan dan makanan olahan
  • Lemak hewani (lemak sapi, kambing dll)
  • Seafood(Kepiting, kerang, udang, cumi,
  • Telur (kuning telur mengandung kolesterol tinggi)
  • Jeroan hewan (jeroan ayam, sapi, kambing)
  • Susu Tinggi Lemak

 

 

3. Berolahraga secara teratur

 

Berolahraga membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang ada dalam tubuh. Anda bisa memulai dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang ataupun yang lainnya. Jika anda langsung melakukan olahraga berat, itu malah tidak baik untuk tubuh dan membuat tubuh menjadi drop karena belum terbiasa. Berolahraga secara teratur merupakan cara menurunkan kolesterol paling ampuh.

 

4. Berhenti Merokok

 

Salah satu dampak buruk merokok adalah menurunkan kadar Kolesterol baik (HDL) dalam tubuh sehingga darah lebih kental dan mudah membeku yang disebabkan kandungan kolesterol jahat (LDL) dalam darah lebih banyak sebagai dampak menurunnya kolesterol baik yang mengangkut kolesterol kembali ke organ hati untuk dihancurkan. so, berhenti merokok merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol anda.

 

Demikian Cara menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh yang bisa anda lakukan sendiri dirumah. semoga tulisan diatas membantu anda yang menderita kolesterol tinggi karena kita tahu penderita kolesterol tinggi terus meningkat setiap tahunnya akibat dari berbagai pola hidup yang tidak sehat. Kolesterol tinggi adalah sumber dari berbagai penyakit berbahaya serperti stroke, tekanan darah tinggi, serangan jantung yang merupakan penyakit teratas yang membunuh banyak orang setiap tahunnya di seluruh belahan dunia.

Advertisement
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami | 543pul | 4.5