10 Makanan Yang Menjadi Sumber Vitamin C

Makanan sumber Vitamin C

Makanan Yang Menjadi Sumber Vitamin C -Vitamin C atau nama lainnya asam askorbat adalah vitamin yang larut dalam air, penting untuk pertumbuhan dan perkembangan untuk tubuh serta sangat baik untuk menjaga kesehatan.  Vitamin C dikategorikan sebagai antioksidan yang memiliki fungsi utama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini diperlukan tubuh untuk perbaikan sel dan jaringan tubuh kita.

 

Vitamin C membantu memproduksi kolagen, ligamen dan pembuluh darah yang bekerja memperbaiki dan memelihara tulang dan gigi. Serta membantu menurunkan kolesterol jahat, mencegah penyakit jantung, pilek dan tekanan darah tinggi, radang sendi, asma dan berbagai masalah yang berkaitan dengan usia. Vitamin ini pula diperlukan untuk penyerapan zat besi.

Untuk perokok baik pria ataupun wanita memerlukan lebih banyak vitamin C dari dosis yang dianjurkan.  Ketika tubuh kekurangan vitamin C, maka akan timbul tanda-tanda seperti kulit kusam, maslah gigi dan gusi, mudah lelah, menurunnya daya tahan tubuh untuk menangkal infeksi, mudah memar ataupun berdarah, pembengkakan sendi, rambut bercabang, rontok dan mimisan.

Ada banyak makanan yang menjadi sumber vitamin C yang baik dan mudah kita temui. Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber makanan utama nutrisi penting ini.

 

Berikut makanan sumber vitamin C yang alami

  1. Jeruk

Jeruk mengandung sekitar 52 mg Vitamin C pada setiap 100 gram yang mempu memenuhi 64 persen dari dosis harian yang dianjurkan.

Jeruk merupakan hal pertama yang ada dipikiran kebanyakan orang. Selain Kaya Vitamin C, Jeruk juga mengandung vitamin A, B, Kalium, kalsium, magnesium, fosfor, kolin dan serat makanan. Selain itu, jeruk mengandung 170 fitokimia dan lebih dari 60 flavonoid yang memiliki efek yang kuat sebagai antioksidan dan anti-inflamasi.

Dengan makan jeruk atau meminum jus jeruk akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, mejaga kesehatan jantung, melawan masalah kulit, memperlambat proses penuaan, meningkatkan penglihatan dan mencegah kanker.

Untuk mendapatkan vitamin C dari jeruk, anda bisa memakan 1-2 jeruk setiap hari. Namun jika jeruk dikonsumsi secara berlebihan bisa merusak enamel gigi karena kandungan gula dan asamnya.

Ini bukan hanya jeruk, namun lemon dan beberapa jenis yang masih termasuk keluarga jeruk juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

 

  1. Stroberi

Vitamin C yang terkandung dalam stroberi adalah sekitar 58,8 mg per 100 gram yang memenuhi 71% kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan.

Selain Vitamin C, Stroberi jug amengandung serat makanan, mangan, asam folat, magnesium, biotin, kalium, tembaga, Vitamin B6 dan asam lemak omega 3. Selain itu, strobrti juga kaya dengan air.

Kalau strobreri dimakan secara teratur, stroberi meningkatkan kesehatan kulit, memutihkan gigi, kesehatan otak, mempercepat penurunan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi kolesterol, melawan kanker dan melindungi dari berbagai masalah yang berhubungan dengan memori seperti Alzheimer dan Parkinson.

Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan diatas dengan makan segenggam stroberi setiap hari sebagaicemilan. Atau anda bisa menambahkannya kedalam jus, milk shake, es krim, kue dan salad.

Catatan: Jangan makan Stroberi bagi anda yang mengalami alergi stroberi.

 

  1. Kiwi

Kiwi hijau mengandung sekitar 92,7 mg Vitamin C pada setiap 100 gram yang memenuthi 112 % dari kebutuhan harian yang dianjurkan.

Selain Vitamin C, Buah ini mengandung Potasium, tembaga, kalsium, magnesium, beta – karoten, kalsium, Vitamin A, E, Dan K serta tingi serat dan rendah karbohidrat.

Dengan mengkonsumsi kiwi secara teratur akan membantu meningkatkan penurunan berat badan, mengeluarkan racun, melawan stress, membuat kulit sehat, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara yang paling simple untuk mendapatkan manfaatnya, makanlah 1 buah kiwi ukuran sedang secara langsung atau dengan mencampurkannya dengan jus, salad, atau yogurt.

 

  1. Brokoli

Kandungan Vitamin C yang terkandung dalam brokoli adalah sekitar 89,2 mg pada setiap 100 gram dan memenuhi 107% asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Sayuran ini juga kaya akan serat makanan serta nutrisi lainnya seperti asam folat, kalium, kalsium, magnesium, sulfur dan Vitamin A.

Dengan mengkonsumsi brokoli dalam makanan sehari-hari, bisa mengurangi resiko beberapa jenis kanker, meningkatkan kesehatan jantung, membantu penurunan berat badan, mengatur tekanan darah dan membantu detoksifikasi.

Makanlah sekitar 1 ½ cangkir brokoli 2-3 kali seminggu. Caranya bisa dengan memakannya sebagai camilan, atau menambahkannya kedalam salad, kari, sup atau lainnya.

 

  1. Cabai

Cabai atau cabe mengandung 143,7 vitamin C dalam 100 gram yang langsung memenuhi bahkan melebihi kebutuhan vitamin C harian kita yang hanya 90 mg saja. Selain itu kandungan lain seperti Vitamin B6, E dan K serta thiamin, riboflavin, mangan, kalium, sera t makanan, niacin dan folat. Serta kaya akan karotenoid seperti alpha-karoten, beta-karoten, lutein, likopen, cryptoxanthin, dan zeaxanthin.

 

Ketika makan cabai secara teratur membantu mengurangi kembung, hipertensi, mendukung penglihatan, meningkatkan metabolism tubuh dan mengurangi kecemasan ( jadi kalau cemas bisa makan cabe).

Saya rasa tidak mungkin jika anda harus makan cabai sekitar 100 gran secara langsung. Oleh karena itu untuk mendapatkan manfaat dari cabai, tambahkan pada makanan atau masakan favorit anda.

Hampir semua jenis cabai memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Jadi anda bisa mengkonsumsi  berbagai jenis cabai.

 

  1. Pepaya

Pepaya mengandung sekitar 62 mg vitamin C pada setiap 100 gram atau 75 persen  kebutuhan vitamin C harian anda. Selain Vitamin C papaya juga mengandung Vitamin A, kalsium, kalium, beta karoten, folat, serat makanan, protein an magnesium. Serta rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol.

Ketika anda mengkonsumsi buah ini secara rutin, akan membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung, mengatasi sembelit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menurunkan berat badan, mendegah kanker, meningkatkan sistem pencernaan, melindungi penglihatan, mengobati radang sendi, memperbaiki kulit, menyuburkan rambut, dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Cara mengkonsumsinya bisa dengan memakan langsung papaya matang, menambahkannya ke dalam salad, jus ataupun smoothies.

 

  1. Brussels Sprout

Mungkin banyak dari anda para pembaca yang cukup asing dengan sayuran satu ini. Memang sayuran ini bukanlah sayuran dari Indonesia. Sayuran ini merupakan keluarga dari kubis/kol yang ukurannya mungil. Kandungan Vitamin C pada Brussels Sprout sekitar 85 % pada setiap 100 gram yang bisa langsung mencukupi kebutuhan vitamin C harian kita. Kandungan lainnya yaitu Vitamin K, asam folat, Vitamin B1, B6, kolin, tembaga, kalium, lemak omega 3, zat besi, dan serat.

Dengan mengkonsumsi Brussels sprout secara rutin dalam makanan kita, akan mengurangi resiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, meningkatkan kesehatan penglihatan, dan tulang. Untuk mendapatkan manfaatnya cukup dengan mengkonsumsi sayuran ini 1-2 cangkir 3 kali seminggu dengan cara di kukus, rebus ata dimasak seperti sayuran pada biasanya.

 

  1. Nanas

Nanas mengandung sekitar 47,8 mg vitamin C pada setiap 100 gram yang memenuhi setengah kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan. Buah yang kaya air ini merupakan sumber bromelain, enzim pencernaan yang bersifat anti-inflamasi. Selain itu juga mengandung kalsium, kalium, tembaga, mangan, fosfor, serat makanan, vitamin A, B1 dan  B6.

Buah yang satu ini memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan pencernaan, mendukung kesehatan kulit, memperbaiki penglihatan, mengatasi peradangan, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan tulang dan mendukung kesehatan mulut.

Anda bisa mendapatkan manfaat nanas diatas dengan mengkonsumsi potongan nanas setiap hari sebagai cemilan atau menambahkannya kedalam jus, salad ataupun lainnya.

 

  1. Kale

Satu lagi yang cukup asing di telinga orang Indonesia yang mengandung   cukup tinggi Vitamin C yaitu Kale. Kale merupakan sayuran yang mengandung sekitar 41 mg vitamin C setiap 100 gram memenuhi 41 persen anjuran vitamin C harian. Selain itu kandungan nutrisi lainnya seperti zat besi, kalium, kalsium, mangan, fosfor, serat makanan, protein, vitamin A, K, B1, B2,B3 dan B6. Serta merupakan sumber karoteoid, lutein , zeaxanthin, dan ALA(alpha linolenic acid) yang merupakan asam lemak omega 3 untuk otak.

 

Manfaat  sayuran Kale ini untuk mengurangi resiko kanker, melawan peradangan, detoksifikasi, meningkatkan kesehatan mata, jantung, mengontrol diabetes dan mengobati anemia.

Untuk mendapatkan manfaatnya bisa dengan mengkonsumsi 2 cangkir kale 4-5 kali seminggu dengan cara memasaknya seperti sayuran lainnya atau dibuat jus dengan bahan lain yang anda sukai.

 

  1. Kembang Kol

Kembang kol juga mengandung Vitamin C sekitar 48,2 mg per 100 gram-nya yang memenuhi 58 persen kebutuhan vitamin C yang dianjurkan.

Selain itu, kandungan nutrisi lainnya seperti Asam folat, asam pantotenat, kolin, serat makanan, Asam lemak omega 3, magnesium, biotin, protein, mangan, Vitamin B1,B2, B6 dan K. Serta rendah lemak dan karbohidrat juga mengandung beberapa fitokimia dan karotenoid.

Manfaat mengkonsumsi kembang kol bisa melawan kanker, meningkatkan fungsi otak, detoksifikasi, melindungi dari penyakit jantung dan serebrovaskular.

Cara mengkonsumsinya yaitu dengan memasukan sekitar 1-2 cangkir sayuran ini kedalam masakan/makanan anda dengan cara ditumis, sop, kukus atau dimakan mentah.

 

Demikian 10 makanan yang menjadi sumber vitamin C.  Jika anda tidak dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda, Mungkin anda bisa mengkonsumsi suplemen seetelah berkonsultasi dengan dokter tentunya. Perlu diperhatikan, ada sebagian orang yang mengalami alergi terhadap asam askorbat (Vitamin C). Sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter untuk memenuhi kebutuhan vitamin mereka. Semoga artikel diatas bermanfaat.

10 Makanan Yang Menjadi Sumber Vitamin C | 543pul | 4.5