Inilah 10 Manfaat Biji Labu Kuning Untuk Kesehatan

Manfaat Biji Labu kuning untuk kesehatan

Biji labu kuning

Manfaat Biji Labu Kuning – Labu kuning atau waluh merupakan buah yang cukup mudah didapat dan lebih sering dikaitkan dengan perayaan Halloween di barat sana. Kali ini bukan manfaat buah labu yang akan saya bahas, melainkan biji labu yang sering kita buang padahal mengandung banyak manfaat untuk kesehatan kita.

 

Biji labu bisa diolah menjadi makanan cemilan yang enak dan sehat. Sekarang ini olahan populer dari biji labu adalah dijadikan kuaci dan sering dijadikan makanan pengganti kuaci Bunga matahari. Jadi, anda bisa mengkonsumsinya ketika santai atau sambil nonton bola.

 

Kandungan Gizi Biji Labu

Kita tidak akan mengetahui manfaat biji labu jika tidak tahu kandungan didalamnya. Berikut kandungan gizi biji labu:

 

Jumlah Per 100 gram
Kalori (kcal) 446

 

Jumlah Lemak 19 g
Lemak jenuh 3,7 g
Lemak tak jenuh ganda 9 g
Lemak tak jenuh tunggal 6 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 18 mg
Kalium 919 mg
Jumlah Karbohidrat 54 g
Serat pangan 18 g
Protein 19 g

 

Vitamin A62 IU
Kalsium55 mg
Vitamin D0 IU
Vitamin B120 µg
Vitamin C0,3 mg
Zat besi3,3 mg
Vitamin B60 mg
Magnesium262 mg

 

sumber USDA

 

Biji labu mengandung tinggi mangan, magnesium, fosfor, seng, zat besi, tembaga, protein, triptofan, vitamin B, C, E dan K. Selain itu, biji labu juga menjadi sumber protein dan asam lemak esesnsial, fenolik dan antioksidan yang membersihkan radikal bebas dalam tubuh.

 

Berikut manfaat biji labu untuk kesehatan

 

  1. Manfaat biji labu kuning untuk Meredakan radang sendi

Biji labu berperan sebagai agen anti-inflamasi dan oleh karena itu sangat membantu untuk meredakan berbagai radang sendi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Sehingga sangat baik untuk merengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi.

 

Berdasarkan penlitian, minyak biji labu juga sama efektifnya dengan indometasin yang merupakan obat anti-inflamasi dalam mengobati radang sendi dan tanpa efek samping. Untuk meredakan nyeri akibat peradangan, anda bisa memijat daerah yang mengalami peradangan dengan minyak biji labu 2 kali sehari selama 10 menit. Serta masukan biji labu kedalam makanan sehari-hari anda.

 

  1. Manfaat biji labu kuning untuk Menurunkan tingkat kolesterol jahat

Dengan mengkonsumsi biji labu secara rutin bisa menurunkan tingkat LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. senyawa Fitosterol yang terkandung dalam biji labu, mampu menurunkan kolesterol jahat dan selanjutnya akan mencegah penyumbatan darah dan aterosklerosis.

 

Selain itu kandungan asam oleat yang merupakan asam lemak tak jenuh yang terkandung didalamnya membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Untuk menurunkan kolesterol jahat, cukup dengan mengkonsumsi 2-4 sdm biji labu panggang kering setiap hari. Namun perlu diingat, jangan menambahkan garam.

 

  1. Manfaat biji labu kuning untuk Mengontrol gula darah

Bagi penderita diabetes, ada baiknya untuk memasukan biji labu kedalam makanan atau cemilan anda. Pada sebuah studi menunjukkan bahwa biji labu membantu meningkatkan regulasi insulin dan mencegah komplikasi diabetes dengan menurunkan stres oksidatif.

 

Setain itu senyawa fitokimia yang terkandung dalam biji labu mencegah nefropati diabetik (penyakit ginjal diabetik). Untuk penderita diabetes, anda bisa mengkonsumsi 2 sdm biji labu panggang sehari.

 

  1. Manfaat biji labu kuning untuk meningkatkan fungsi kandung kemih dan kesehatan prostat

Biji labu mendukung funsi kandung kemih dan memerangi berbagai gejala yang berkaitang dengan kandung kemih yang terlalu aktif. Biji labu juga membantu mengobati pembesaran prostat atau bahasa medisnya benign prostatic hyperplasia (BPH). Senyawa fitosterol yang terkandung dalam biji labu membantu mengecilkan pembesaran prostat.

 

Serta, kandungan seng (Zinc) yang cukup tinggi, mendukung kesehatan prostat, meningkatkan aliran kemih dan menurunkan frekuensi kencing dimalam hari. Untuk mengobati pembesaran prostat, makanlah segenggam biji labu panggang setiap hari.

 

  1. Manfaat biji labu kuning untuk melindungi tulang

Biji labu adalah makanan yang kaya akan magnesium. Seperti kita tahu jika magnesium berperan penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah keropos tulang/osteoporosis.

 

studi yang dilakukan Journal of the American Geriatrics Society menemukan bahwa kaitan yang erat antara asupan magnesium yang tinggi dan kepadatan tulang yang lebih tinggi pula. Serta biji labu kaya akan seng dan fosfor yang akan menjadi pelindung alami dari serangan osteoporosis dan mengurangi resiko patah tulang.

Makanlah ¼ cangkir biji labu setiap hari untuk mengurangi resiko tulang yang rapuh dan gejala osteoporosis.

 

  1. Manfaat biji labu kuning untuk Melawan Kecemasan

Kandungan triptofan, asam amino yang terkandung dalam biji labu membantu mengrurangi kecemasan. Triptofan digunakan oleh otak untuk membuat serotonin yang merupakan sebuah neurotransmitter yang membuat anda merasa senang dan nyaman. Ketika triptofan dalam tubuh kurang, maka akan mengakibatkan kecemasan, stres, depresi dan suasana hati yang menyimpang lainnya.

 

Serta Asam lemak omega 3 dan Vitamin B yang terkandung dalam biji labu membantu saraf bekerja lebih efisien, mengurangi kecemasan dan menenangkan sistem saraf. Ketika anda merasa gelisah atau stres, ada baiknya makan beberapa biji labu panggang untuk menenangkan anda dari kecemasan tersebut.

 

  1. Manfaat biji labu kuning untuk Mencegah cacing dalam usus

Sifat anti parasit yang dimiliki oleh biji labu membantu menghilangkan berbagai jenis cacing berbahaya di usus seperti cacing kremi, cacing pita dan parasit lainnya yang ada dalam usus. Untuk cara kerja biji labu untuk mencegah cacing dalam usus diperlukan penelitian lebih lanjut. Namun yang pasti hasilnya positif.

 

Hal ini diyakini bahwa biji labu tidak benar-benar membunuh cacing tapi hanya melumpuhkan mereka sehingga mencegah cacing menempel pada dinding usus dan mengeluarkannya melalui buang air besar.

 

Hanya dengan mengkonsumsi beberapa biji labu ini ketika anda bangun tidur ketika perut masih kosong selama beberapa minggu akan membantu menyingkirkan cacing pada usus. Pastikan pula untuk banyak minum air untuk membantu mengusir cacing.

 

  1. Manfaat biji labu kuning untuk meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan magnesium pada biji labu yang penting untuk meningkatkan fungsi jantung termasuk kinerja pemompaan jantung dan merelaksasi pembuluh darah. Selain itu magnesium juga membantu mengontrol tekanan darah tinggi yang berperan penting untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

 

Biji labu jug amengandung tinggi tembaga yang membantu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh serta meningkatkan aliran darah yang mengandung oksigen melalui pembuluh darah. Yang kemudian akan meningkatkan fungsi jantung serta lemak antioksidan, serat dan lemak sehat yang terkandung dalam biji labu, baik untuk kesehatan jantung.

Masukan biji labu dalam makanan sehari-hari untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

 

  1. Manfaat biji labu kuning untuk membantu tidur nyenyak

Biji labu mengandung triptofan yang tinggi dan asam amino yang diubah oleh tubuh menjadi serotonin dan melatonin. Serotonin dan melatonin membantu meningkatkan tidur malam yang nyenyak. Selain itu seng (zinc) dalam biji labu membantu otak mengkonversi triptofan menjadi serotonin.

Untuk tidur yang nyenyak, campurkan 1 sdm biji labu kedalam segelas susu hangat dan minum 1 jam sebelum tidur.

 

  1. Manfaat biji labu kuning untuk Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Biji labu yang kaya akan seng membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kekurangan zinc berhubungan erat dengan kerentanan terhadap pilek dan flu, kelelahan krobis, jerawat, lemah, dan masalah kesehatan lain.

 

Serta, berbagai macam kandungan antioksidan yang terkandung dalam biji labu sangat penting untuk tubuh agar bebas dari penyakit. Biji labu juga mengandung selenium yang membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan mempercepat pemulihan.

Cobalah untuk menambahkan biji labu kedalam smoothie favorit anda untuk menjaga sistem kekebalan

 

Catatan:

  • Biji labu mengandung tinggi kalori, makanlah secukupnya untuk mencegah kenaikan berat badan.
  • Untuk menjaga nutrisi yang terkandung dalam biji labu, cara terbaik untuk mengkonsumsinya dengan makan biji labu yang mentah tanpa diolah.

 

Demikian manfaat biji labu untuk kesehatan, walaupun biji labu masih jarang dikonsumsi tapi setelah membaca artikel diatas mungkin anda berubah pikiran dan memasukan biji labu kedalam makanan sehari-hari anda. semoga artikel diatas bermanfaat

Inilah 10 Manfaat Biji Labu Kuning Untuk Kesehatan | 543pul | 4.5