10 Manfaat Peppermint Untuk Kesehatan

Advertisement
Manfaat Peppermint

Daun Dan Minyak Peppermint

Manfaat Peppermint – Peppermint adalah tanaman herbal hasil persilangan spearmint dan watermint. Peppermint merupakan bahan yang sering kita temukan dalam produk sehari-hari seperti permen, permen karet, obat kumur, pasta gigi dll. Rasa dari peppermint sendiri merupakan perpaduan antara rasa lada dan klorofil.

 

Selain menjadi herbal yang populer, peppermint juga manfaat obat untuk mengobati beberapa penyakit fisik dan mental. Bahkan peppermint telah dimanfaatkan sejak dahulu dalam pengobatan tradisional dan aromaterapi. Penggunaan peppermint biasanya digunakan dalam bentuk minyak, daun, teh dan lain-lain untuk tujuan pengobatan.

 

Peppermint memiliki efek meendinginkan dan menenangkan pada tubuh dan pikiran karena kandungan mentol yang tinggi. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat dibawah ini

Kandungan Gizi Pepermint

Berikut Kandungan yang terkandung dalam Pepermint selain mentol

Kandungan peppermint Per 100 gram
Kalori (kcal) 70

 

Jumlah Lemak 0,9 g
Lemak jenuh 0,2 g
Lemak tak jenuh ganda 0,5 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 31 mg
Kalium 569 mg
Jumlah Karbohidrat 15 g
Serat pangan 8 g
Protein 3,8 g

 

Vitamin A 4.248 IU
Kalsium 243 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B12 0 µg
Vitamin C 31,8 mg
Zat besi 5,1 mg
Vitamin B6 0,1 mg
Magnesium 80 mg

sumber usda

 

Pepermint segar lebih diminati dibandingkan dengan Pepermint kering karena aromanya lebih kuat, nutrisi/gizi-nya utuh dan sifat obat. Untuk menikmati manfaat Pepermint , anda bisa menambahkannya kedalam salad, smoothie, jus ataupun masakan.

 

Berikut Manfaat Peppermint Untuk kesehatan

  1. Manfaat peppermint untuk Mendukung kesehatan mulut

Peppermint mengandung sifat antibakeri yang menghambat pertumbuhan bakteri dimulut. Sehingga memelihara kesehatan mulut serta mencegah berbagai masalah dimulut seperti penyakit gusi, kerusakan gigi dan lain-lain. Serta membuat mulut menjaadi segar.

Caranya:

  • Kunyah 5-6 lembar daun peppermint segar setiap hari untuk menjaga kesehatan mulut.
  • Bisa juga gunakan pasta gigi atau obat kumur yang mengandung bahan peppermint  untuk menyikat gigi dan berkumur.
  • Atau buatlaah secangkir teh peppermint dan gunakan sebagai obat kumur anda.

 

  1. Manfaat peppermint  untuk Meringankan nyeri otot

Peppermint memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesic yang membantu meringankan nyeri otot. Kandungan mentol dalam Peppermint membantu meringankan peradangan pada otot.

Caranya:

  • Campurkan minyak peppermint dan minyak zaitun, Gunakan seperti minyak urut untuk memijat bagian otot yang nyeri beberapa kali sehari untuk meredakan nyeri.
  • Atau bisa juga menggunakan salep otot yang mengandung bahan peppermint .

 

  1. Manfaat peppermint untuk Meredakan Sakit Kepala

Pepemin juga bisa digunakan untuk meredakan berbagai jenis sakit kepala seperti migrain, sakit kepala akibat stress atau otot kepala yang tegang. Peppermint permin memiliki efek analgesic yang kuat sehingga membantu meredakan kepekaan terhadap rasa sakit. Hal ini terjadi dikarenakan pepermin membantu meningkatkan sirkulasi darah serta mengendurkan otot kepala yang tegang.

Caranya:

  • Campurkan beberapa tetes minyak peppermint  kedalam minyak jojoba atau minyak zaitun atau minyak pembawa lainnya. Oleskan pada bagian belakang kepala dan pelipis serta pijat selama 10 menit. Bau minyak peppermint memiliki efek menenangkan
  • Atau bisa juga meminum secangkir teh peppermint untuk membantu meredakan sakit kepala.

 

  1. Manfaat peppermint untuk Mengobati Sindrom iritasi usus

Sindrom iritasi usus (Irritable Bowel Syndrome /IBS) adalah penyakit kronis yang menyerang usus besar sehingga mengganggu sistem pencernaan dengan gejala kram perut, kembung, sering buang angina, diare, mual dll. peppermint membantu mengendurkan esophageal sphincter yang kemudian akan mengurangi gejala IBS. Selain itu, membantu makanan melewati perut dengan mudah.

Caranya:

Buatlah teh peppermint degan menyeduh 1 sdt daun peppermint kering dengan secangkir air panas. Diamkan sebentar hingga teh menjadi hangat. Minum teh ini selagi hangat.

 

  1. Manfaat peppermint untuk Meminimalisir Mual

Peppermint juga membantu mengurangi mual dan muntah karena berperan untuk mengaktifkan ennzim yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan. Selain itu, peppermint juga membantu mengurangi mual pasca operasi.

Caranya:

  • Mnum Secangkir teh peppermint hangat secara perlahan untuk mengurangi rasa mual
  • Bisa juga mengkonsumsi permen dengan bahan peppermint .
  • Cara lainnya bisa dengan meneteskan beberapa tetes minyak peppermint ke saputangan dan hidup dengan napas dalam-dalam.

Catatan: Hindari pernggunaan peppermint jika malah memicu mual.

 

  1. Manfaat peppermint  untuk Mencegah Alergi dan asma

Peppermint juga sangat membantu untuk meringankan alergi dan penyakit asma. peppermint  bekerja sebagai ekspektoran yang mendorong tubuh mengeluarkan lendir dari saluran pernafasan seperti paru-paru, trakea dan bronkus. Hal ini akan mengurangi gejala asma. Serta Sifat antioksidan, antimikroba dan anti-inflamasi mencegah reaksi alergi.

Caranya:

  • Jika mengalami batuk, bisa menggunakan beberepa tetes minyak peppermint kedalam rebusan air dan hirup uapnya.
  • Bisa juga dengan mencampurkan beberapa tetes minyak peppermint  dan minyak kelapa, kemudian oleskan di dada, leher dan hidung untuk melancarkan mampet dan bernapas lebih rileks.
  • Atau bisa juga menikmati secangkir teh peppermint untk mengatasi masalah alergi dan asma.

 

  1. Manfaat peppermint untuk Melawan jerawat

Peppermint memiliki sifat antioksidan, antibakteri dan anti-inflamasi yang ampuh untuk melawan kulit berjerawat. Hal ini membantu mengurangi produksi sebum berlebih yang menjadi penyebab utama jerawat. Sehingga Pepermint bisa digunakan untuk meredakan kulit gatal dan terinfeksi jerawat.

Caranya:

  • Gosok jus ekstrak peppermint pada jerawat atau masalah kulit lainnya. Diamkan 15-20 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini 1-2 kali sehari sampai kulit membaik.
  • atau oleskan beberapa tetes minyak peppermint epermin langsung pada jerawat 2-4 kali sehari

Catatan: Lakukan tes sebelum mengoleskan minyak peppermint pada jerawat. Hal ini dimaksudkan untuk memeriksa tingkat sensitivitas kulit.

 

8 Manfaat peppermint untuk meningkatkan sistem pencernaan

Gangguan pencernaan meeupakan salah satu keluhan yang paling umum dan kita anda bisa mengobatinya dengan menggunakan peppermint . Peppermint membantu otot-otot perut menjadi lebih rileks, meningkatkan aliran empedu, dan meningkatkan sistem pencernaan secara keseleuruhan. Aroma yang menenangkan memicu enzim pencernaan untuk membantu proses pencernaan.

Caranya:

  • Teteskan beberapa tetes minyak peppermint kedalam segelas air hangat dan minum setelah makan.
  • Atau minum beberapa canagkir teh peppermint setiap hari untuk memperbaiki sistem pencernaan anda.

 

  1. Manfaat peppermint  untuk Melawan stres

Aroma peppermint yang mnyegarkan membantu mengurangi stres dan kelelahan mental. Serta efek mendinginkan dan menenangkan peppermint meningkatkan relaksasi dan merangsang otak untuk berfikir jernih.

Caranya:

  • Ketika anda mengalami stres, teteskan beberapa tetes minyak peppermint  pada sapu tangan dan hidup secara perlahan. Ini akan membantu meremajakan pikiran anda dan akan mengurangi rasa stres.
  • Atau tambahkan beberapa daun peppermint atau beberapa tetes minyak peppermint  kedalam air mandi anda. Nikmati mandi dengan aromaterapi yang akan melawan stres.

 

  1. Manfaat peppermint untuk Merangsang pertumbuhan rambut

Salah satu manfaat lain dari peppermint  adalah merangsang pertumbuhan rambut karena peppermint membantu meningkatkan sirkulasi, merangsang pertumbuhan rambut, mengatasi ketombe dan menyeimbangkan pH kulit kepala.

Caranya:

  • Campurkan beberapa tetes minyak peppermint dan minyak zaitun murni (bisa juga dengan minyak kelapa). Pijat rambut dengan campuran tersebut dan diamkan selama 45 menit. Kemudian keramas seperti biasa. Lakukan 1-2 kali seminggu.
  • Atau, tambahkan 2-3 tetes minyak peppermint kedalam shampoo yang anda gunakan.

 

Peringatan:

  • Walaupun peppermint biasanya aman dikonsumsi dalam jumlah kecil, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anda sebelum menggunakannya,
  • Otang dengan riwayat batu empedu diharapkan agar tidak menggunakan ini. Penggunaan peppermint dalam dosis tinggi, bisa bisa menyebabkan gagal ginjal

 

Demikian 10 manfaat peppermint untuk kesehatan. Semoga artikeil ini bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Advertisement
10 Manfaat Peppermint Untuk Kesehatan | 543pul | 4.5